Rabu, 26 Februari 2014

Mengurangi Risiko Kanker Payudara


cancer
Kanker payudara adalah mimpi terburuk bagi setiap wanita. Buatlah rencana untuk“mengalahkannya”, bahkan meski penyakit ini belum menyerang Anda!

Periksa, Periksa, dan Periksa
Kanker payudara. Dua kata ini seringkali membuat hampir semua wanita bergidik ketakutan, cemas, atau bahkan “histeria”. Semua wanita pasti berharap dan berdoa penyakit ini tidak pernah menghampiri kehidupannya, karena jika sempat, maka itu tak hanya mampu menghancurkan perasaan, tapi juga cita-cita, mimpi, dan harapan Anda akan segala hal.
Mungkin Anda tidak memiliki riwayat kanker payudara dalam keluarga, tapi tidak ada salahnya, terutama jika Anda berusia 20 atau 30-an untuk memeriksakannya.
American Cancer Society  memperkirakan, sekitar 12 persen wanita di AS berisikokanker payudara invasif di beberapa titik dalam hidup mereka. Apakah mereka berhasil bertahan hidup atau bahkan sebaliknya, meninggal, adalah karena “deteksi dini”.

Buat R encana  
Jika Anda berpikir itu tidak bisa terjadi pada Anda, pikirkan sekali lagi. Kanker payudara bisa menyerang Anda di puncak kehidupan Anda, bahkan selama tahun subur Anda, ketika Anda merasa kehidupan Anda sebagai seorang wanita baru saja dimulai.

1.    Lakukan yang bisa Anda lakukan.
-     Ada hubungan yang signifikan antara penggunaan alkohol dengan kanker payudara. Jadi, jika Anda senang mengkonsumsi minuman beralkohol, hentikan atau kurangi menjadisatu gelas setiap hari.
-     Sebuah studi yang dilakukan Women’s  Health Initiative  menemukan, jalan cepatsedikitnya 1,25-2,5 jam setiap minggu dapat mengurangi risiko kanker payudara sebesar 18 persen.
-     Menjaga berat badan yang sehat . Menjadi obesitas atau kelebihan berat badan dapat meningkatkan risiko kanker payudara pada beberapa wanita.

2.   Jadwal kan  mammogram.
Jika Anda berusia 40 tahun atau lebih tua, lakukan mammogram setahun sekali.

3.   Pemeriksaan  rutin dari profesional.
Jika Anda berada di usia 20 atau 30-an, mendapatkan Ujian Payudara Klinis atauClinical Breast Exam  ( CBE ) setidaknya 3 tahun sekali dari seorang profesional medis.

4.   Periksa payudara  sendiri .
Periksa payudara Anda setiap bulan, sebaiknya setelah siklus menstruasi berlalu. Ini adalah ide yang baik untuk memulai latihan saat Anda berada di usia 20-an. Ingat, kanker payudara dapat menyerang lebih awal.

5.   Pertimbangkan  menemui  spesialis payudara jika berisiko tinggi.
Anda bisa mendapatkan manfaat dari memiliki MRI tahunan di samping mammogram Anda jika Anda berada pada risiko tinggi. Spesialis payudara mungkin juga memiliki beberapa rekomendasi tertentu yang disesuaikan hanya untuk Anda.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar