Rabu, 26 Februari 2014

Rambut Indah dengan Perawatan di Rumah


                        
Perawatan rambut tidak harus mahal dan dilakukan di salon. Perawatan yang dilakukan sendiri di rumah pun akan memberikan hasil maksimal bila dilakukan dengan tepat dan teratur.

Keramas
Keramas rambut 2-3 kali seminggu secara teratur. Gunakan air hangat-hangat kuku dan sampo sesuai jenis rambut. Busakan di tangan, lalu ratakan sampai ke ujung rambut. Bilas dengan bersih. Bila perlu tambahkan conditioner , diamkan beberapa saat, lalu bilas dengan air dingin untuk menutup kembali folikel rambut.

Gunakan Bahan Alami
Beberapa masalah rambut bisa diatasi sendiri di rumah menggunakan bahan-bahan alami, seperti, campuran minyak zaitun dan madu yang membuat rambut makin berkilau, jeruk nipis untuk mengatasi ketombe, atau lidah buaya untuk menyuburkan rambut dan sebagainya.

Creambath di Rumah
Manjakan diri dengan perawatan di rumah seperti creambath. Gunakan bahan-bahan alami, seperti avokad, wortel, kemiri. Caranya, cuci bersih rambut, lalu bagi rambut menjadi beberapa bagian, oleskan krim, pijat perlahan. Untuk mengganti steamer , gunakan handuk yang telah direndam air hangat. Biarkan 5-10 menit, lalu cuci kembali rambut sampai bersih.

Potong Rambut  
Potong rambut secara berkala. Tidak harus ganti model setiap kali potong rambut, cukup rapikan saja. Bila ujung-ujung rambut terlihat rapuh atau bercabang, inilah saat yang tepat untuk memotongnya.

Sinar Matahari Langsung
Terpapar sinar matahari langsung dan terus-menerus membuat rambut tidak sehat dan terlihat kemerah-merahan. Sebaiknya gunakan pelindung seperti topi atau payung bila harus berada di tempat terbuka dalam waktu lama.

Rambut Tetap Sehat Meski Berhijab
Secara umum perawatan rambut wanita berhijab hampir sama dengan perawatan rambut biasa. Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan, mengingat rambut wanita berhijab hampir seharian selalu tertutup. Di antaranya:

- Perawatan Tepat Rambut Berhijab
Saat ini banyak ditawarkan sampo khusus yang diformulasikan untuk wanita yang mengenakan hijab. Sampo ini bisa menjadi pilihan karena bahan-bahan yang digunakan sudah disesuaikan dengan kebutuhan wanita berhijab.

- Hindari Mengikat Rambut Terlalu Kuat
Rambut panjang pada wanita berhijab biasanya akan diikat untuk menghindari rambut terlihat dari balik hijab. Namun sebaiknya jangan mengikat rambut terlalu kuat, karena akan membuat rambut mudah patah dan rontok.

- Benar-Benar Kering
Sebelum memakai hijab pastikan rambut dalam keadaan kering. Rambut yang basah menyebabkan lembap, bau, juga memicu munculnya ketombe dan gatal. Disarankan untuk mengeringkan rambut secara alami, ketimbang menggunakan hair dryer .

 -  Pilih Bahan Hijab
Pilih bahan hijab yang nyaman seperti katun atau kaus. Bahan hijab yang berpori membuat rambut bisa “bernapas”.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar